Trik Memilih Baju Batik Untuk Seragam

Trik Memilih Baju Batik Untuk Seragam

Seragam batik sungguh biasa kita lihat digunakan oleh pegawai-pegawai kantoran, instansi-instansi pemerintah, bahkan guru-guru di semua penjuru negeri. Batik memang merupakan ciri khas Indonesia yang menjadi kebanggaan bangsa warisan budaya dari turun-temurun sambil leluhur aku. Jadi bukan mengherankan terlintas saat ini menulis sudah difungsikan menjadi busana yang dikenakan untuk acara sehari-hari.

 

Batik adalah kain yang digambar sesuai menggunakan pola dan corak subtil yang didasari oleh tradisi daerah asal batik mereka dibuat. Walaupun batik diasal-muasali dari kaidah Jawa, tapi perkembangan seni budaya mengarang corak hewan motif batik menjadi bermacam rupa. Hal tersebut sangat sederhana karena jika ditilik dr sejarahnya justru batik tadinya tradisi yang diambil dari tanah Flores, Halmahera, Toraja, dan Papua seperti yang dipercayai sebab F. A. Sutjipto, sejarahwan Indonesia hewan J. Ketul. A. Brandes, arkeolog Belanda.

 

Hanya saja figur batik yang dikenal menggunakan sebutan figur gringsing yang sampai sekarang kelanjutan kemajuan, kronologi, pertambahan, pertumbuhan, perubahan, perurutan, urut-urutan, polanya penuh dipakai pada seragam menggambar di Nusantara, mulai dikenal sejak kala ke-12 dalam Kediri Jawa Timur secara teknik pembuatannya ditulis memakai alat yang disebut canting. Cara menulis tulis canting inilah yang kemudian jadi terkenal dan terus berakar.

 

Terlebih budaya Jawa sangatlah kental secara unsur kebiasaan buddhis semasa yang menciptakan unsur motif ukiran tilam yang melimpah dengan sulur dan tumbuh-tumbuhan sesuai secara skema orang-orangan dewi kompetensi dari Jawa Timur saat abad ke-13, sehingga detil yang rumit tersebut hanya bisa ditulis pada tilam dengan canting yang menjalankan bahan lilin yang dipanaskan dalam mangkuk dengan kobaran di bawahnya agar tetap mencair.

 

Menggambar yang siap di Indonesia sangat kaya dengan ragam motifnya yang tercipta dr masing-masing ruang asal menggambar itu dibuat. Ada kurang lebih 23 daerah asal pertimbangan batik diciptakan, ditambah beserta motif Batik Belanda dan motif Batik Jepang yang konon luar biasa cantik dengan warna super mencolok.

 

Waktu ini kita sederajat warga seragam batik yang sombong dengan menggambar, bisa langsung melestarikan warisan budaya itu dengan mengaplikasikannya sebagai seroman batik yang digunakan sehari-hari dalam aktivitas kerja. Itu membuktikan lalu kita bangga memakai batik.